Melakukan Diet Super Ketat Itu Berbahaya Dan Kamu Harus Tau

Melakukan Diet Super Ketat Itu Berbahaya Dan Kamu Harus Tau

Saat melakukan diet, hal terberat yang harus dilewati adalah menjaga komitmen. Kebanyakan usaha diet gagal karena kita tidak sabaran. Yang kita inginkan kemudian adalah ingin menurunkan berat badan secepat mungkin. Diet super ketat pun rela kita lakukan.keseimbangan elektrolit dalam tubuh bisa terganggu bila berat badan turun drastis dalam waktu singkat.dampaknya pun bisa memengaruhi fungsi kardiovaskular. Bahkan kadar sodium dalam tubuh bisa menurun yang membuat tubuh jadi gampang capek dan pusing.

Diet ketat yang mengurangi asupan kalori bisa membuat tubuh bekerja lebih keras menghemat energi, sehingga membuat sistem metabolisme jadi menurun. Apalagi kalau tubuh tidak mendapat cukup protein, otot tubuh jadi lemas dan membuat kinerja metabolisme jadi lebih lambat lagi.diet super ketat bisa membuat tubuh kekurangan vitamin dan mineral. Kurang zat besi bisa menyebabkan anemia. Kekurangan kalsium dan vitamin D bisa menyebabkan osteoporosis.

Turunnya berat badan drastis karena diet super ketat juga menyebabkan penurunan kadar air dalam tubuh. Bukan lemak yang hilang, malah tubuh kekurangan banyak cairan. Akhirnya mengalami dehidrasi yang menyebabkan sakit kepala, letih, hingga sembelit. Kalau kondisi dehidrasi terjadi dalam jangka waktu lama bisa berdampak lebih serius seperti terganggunya fungsi ginjal.

Keseimbangan tubuh bisa tetap terjaga bila perubahan terjadi setahap demi setahap. Tapi kalau perubahan berat badan terjadi secara drastis, keseimbangan tubuh bisa terganggu. Perubahan yang terlalu drastis membuat tubuh kesulitan untuk merespon dan menyesuaikan dirinya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *