Agen Bola Piala Dunia 2018 – Harga Kopi Lokal Vs Impor di Pasar Lelang

Agen Bola Piala Dunia 2018 – Harga Kopi Lokal Vs Impor di Pasar Lelang

Sintaro Kopi Lokal Andalan Bengkulu Untuk Ekspor

Gejala candu kopi yang tengah ramai di masyarakat membuat beberapa kedai kopi memperkenalkan jenis kopi yang beragam, termasuk dengan mengimpornya dari luar negeri. Akan tetapi ternyata, harga kopi lokal dan kopi impor itu tergolong sama di pasar lelang.

Mikael Jasin, Marketing Manager St. Ali Coffee Jakarta menyatakan, harga kopi Indonesia itu bersaing dengan kopi mancanegara di dalam pelelangan.

“Kopi ini kebanyakan dilelang. Instead of selling price, harga kopi lokal dan luar tidak beda jauh,”

Namun begitu, dia menerangkan harga kopi lokal di pasar dalam negeri masih lebih murah. “Kopi lokal bisa dijual lebih murah di toko karena tidak perlu pakai impor, berat di ongkosnya,” tutur dia.

Terkait pengimporan, Mikael menjelaskan kopi biasanya berasal dari negara-negara tropis dan sub tropis yang sedang panen kopi.

“Kopi impor itu didatangkan dari area coffee belt, seperti seperti Brazil, Kolombia, Panama, Kenya, Etiopia. Karena kopi seasonal, pembelian kopi impor juga mengikuti masa panennya, negara mana yang lagi panen.” ungkap dia.

Ketika ditanya perihal besaran ongkos impor, dia menyebutkan kopi yang didatangkan melalui pesawat itu pasti lebih mahal. “Impor kopi itu bisa melalui air lewat container, atau udara dengan pesawat. Kalau dari pesawat, dia cepat sampai dan jauh lebih mahal,” papar dia.

“Kalau yang pakai container itu lebih murah, tapi sampainya lama. Kalau sampainya terlalu lama, dia udah nggak fresh lagi, makanya secara harga lebih murah,” tambah Mikael.

AP II Buka Kedai Kopi Lokal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *